Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine
Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan
secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik
kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan
mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah
menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman
pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.
Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian
memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan
internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat.
Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah
perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini
dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi
perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.
Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization
pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang
diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu
kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada
informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs
web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada
suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster
melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan
konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan
memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak
akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna
internet yang mengharapkan informasi yangrelevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu
komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan
membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan
matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan
PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara
perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis
atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa
dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web
yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin
tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang
tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau
DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus
situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan
Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam
waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna
internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak
dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi
mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya
memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi
pada hasil pencarian.
Webmaster dan Mesin Pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa
beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat
terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang
manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama,
melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan
"meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga
menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka
kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO.
Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada
event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan
program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar
terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus
mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap
berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer
(juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster
mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks
di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin
pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala
cara.
Etika dan Legalitas
Sistem PageRank, walau menerapkan algoritma yang kompleks,
belakangan juga tidak lagi sepenuhnya mampu menghadapi trik dan manipulasi.
Sejumlah webmaster dan praktisi SEO telah mengembangkan beberapa metode yang
memanfaatkan cara kerja PageRank agar halaman web klien mereka berada pada
peringkat pertama hasil pencarian. Google secara resmi telah melarang penggunaan
beberapa teknik ilegal seperti link farming, doorway pages, keyword stuffing,
dan auto generated pages atau scraper pages. Situs atau layanan SEO yang tetap
menggunakanannya terancam akan dihapus dari indeks pencarian.
Ancaman Google dan mesin pencari lain bukan hanya gertakan.
Beberapa perusahaan layanan SEO beserta klien mereka yang tidak mengindahkan
larangan tersebut menerimapenalti yang serius karena perbuatan ilegal mereka.
Pada tahun 2005, Matt Cutts dari Google mengatakan bahwa URL sebuah firma SEO
bernama Traffic Power beserta klien-klien mereka telah dihapus dari indeks
Google karena menggunakan teknik SEO ilegal. Kasus lain yang terkenal adalah
ketika Google pada Februari 2006 menghapus situs web perusahaan BMW dan Ricoh
Jerman dari daftar karena terbukti menggunakan metode SEO yang manipulatif. BMW
dan Ricoh dengan segera meminta maaf kepada Google dan memperbaiki situs
mereka. Google kemudian memasukkan kembali situs web mereka ke dalam indeks
pencarian. Namun skandal tersebut tetap meninggalkan citra buruk dan memalukan
bagi kedua perusahaan tersebut.
Berdasarkan panduan resmi mesin pencari, SEO bukanlah teknik
ilegal sepanjang dilakukan dengan mengikuti etika dan aturan yang ada. Hal
tersebut untuk menjamin setiap situs web memperoleh kesempatan yang sama dalam
pencarian, dan pemeringkatan dilakukan dengan obyektif, di mana yang paling
berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan
manfaatnya bagi pengguna internet.
Keuntungan Melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa
saya sebutkan satu persatu, diantaranya yaitu :
1. Mendatangkan Traffic yang Banyak
Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada
halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang
sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data
hasil pencarian dari Google Planner.
2. Meningkatkan Penjualan
Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti
lazada.co.idyang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika
ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs
tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil
SEO tersebut.
3. Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi
suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih
tinggi. Masih banyak lagi keuntungan dari SEO ini yang tidak saya sebutkan
semua.
Dasar SEO
Dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat
wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal
tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika anda ingin menjadi
ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata
kunci yang anda target.
1. On Page SEO
On Page SEO adalah suatu teknik mengoptimisasi halaman
website dengan menerapkan beberapa dasar keyword yang ditarget kedalamnya.
Keuntungan dari on page seo ini yaitu situs anda akan lebih dinilai relevan
oleh google, juga jika halaman tersebut hanya mendapatkan sedikit backlink bisa
dipastikan akan mudah ranking #1 Google.
Berikut dasar yang harus diterapkan dalam On Page SEO :
1. Title Tag
2. Meta Description
3. URL
4. Heading (h1, h2, h3, h4)
5. Image & Image ALt Tag
6. Link to Site Authority
Tittle Tag
Title Tag itu sama seperti judul pada suatu posting/artikel
tetapi berbeda, karena umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika
title tag tidak diganti atau sama menyerupai judul posting maka yang muncul
pada search engine sebagai title tag yaitu judul posting tersebut.
Meta Description
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman
berdasarkan dari kalimat artikel postingan anda, agar meta description terlihat
menggoda dan menarik trafik anda perlu memodifikasinya dengan menggunakan
plugin SEO by Yoast seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
URL
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah
rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk
menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Atau
URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman
situs, URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
Heading
Heading adalah sekumpulan kata yang menjadi judul atau
sub-judul dalam sebuah dokumen html. Heading berbeda dengan tag < title
>. Html menyediakan enam tingkatan heading, dimana heading
level 1 (< h1 >) adalah yang terbesar, biasa berada di judul posting, dan
heading level 6 (< h6 >) adalah yang terkecil.
Link to Authority Site
Apa itu Link to authority site? yaitu merupakan sebuah
posting yang di dalamnya terdapat link menuju situs – situs terpercaya / yang
dipercayai google seperti yotube, wikipedia, facebook dan masih banyak lagi.
Bagaimana cara mengetahui situs yang dipercayai google? anda
dapat melihatnya dari Page Rank (PR) situs tersebut jika page rank suatu situs
lebih dari 7 maka bisa dikatakan situs tersebut sudah dipercayai google (
Authority Site ).
Kemudian bagaimana cara untuk mengetahui PR dari suatu
situs? cara termudah yaitu anda cukup menginstall Extensi WebRank SEO dari
browser Google Chrome dengan cara mendownloadnya terlebih dahulu dari Toko Web
Chrome, untuk Mozila Firefox anda dapat menggunakan SEO toolbar dari seobook.
2. Off Page SEO
Off Page Search Engine Optimization adalah cara
mengoptimisasi suatu halaman dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa itu
Backlink?”
Backlink adalah Link dari halaman situs kita yang berada
pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang
berkualitas yang artinya Backlink dari situs authority atau situs yang
dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia,Twitter,
WordPress, dan lain-lain.
Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh
google jika mempunyai backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa
menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika
mendapatkan backlink dari situs yang berPR tinggi.
Perbedaan Backlink dengan Link Spam
Link yang sangat banyak berasal dari forum dan tidak
mempunyai PR, itu merupakan Link Spam bukan Backlink. Perlu anda ketahui
kembali yang namanya link spam tidak hanya berasal dari forum, tetapi yang
lebih banyak itu berasal dari Blog Comment atau komentar orang di blog yang
meninggalkan puluhan hingga ratusan link yang tidak berkualitas.
Beberapa Tokoh SEO Terkemuka
Selain pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, beberapa
orang menjadi figur yang dihargai dan pendapatnya dijadikan acuan seputar
bisnis mesin pencari dan SEO.
Danny Sullivan
Mantan wartawan LA Times yang mendirikan situs web Search
Engine Watch yang aktif menyoroti perkembangan bisnis dan teknologi mesin
pencari. Kini dia aktif menulis dan membuat reportase di Search Engine Land.
Matt Cutts
Programmer dan mantan pegawai NSA (National Security Agency)
Amerika Serikat yang bergabung dengan Google pada tahun 2001 dan saat ini
mengepalai tim penanggulangan spam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt
Cutts adalah seorang blogger terkemuka. Artikel-artikel di blognya menjadi
rujukan para praktisi SEO dari seluruh dunia, karena blognya sering menjadi sumber
pertama setiap informasi mengenai perkembangan teknologi pencarian Google. Matt
Cutts sering dianggap sebagai juru bicara tidak resmi Google.
Vannesa Fox
Mantan karyawati Google. Vannesa dikenal di kalangan
webmaster sebagai konseptor dan programmer yang mengepalai proyek Google
Webmaster Central.
Strategi Pemasaran Internasional
Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan
pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar
alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain
dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu
masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan
situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari
Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama
hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi
perusahaan pemasaran via internet:
• Peluang
calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut
dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa
menjadi pembeli.
• Berada
pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik
bagi sebuah situs di mata pengunjung.
Mesin pencari pada umumnya tidak mencari keuntungan secara
langsung dari hasil pencarian organik. Pendapatan usaha mereka diperoleh dari
iklan yang ditampilkan pada bagian atas atau samping hasil pencarian organik
tersebut. Perusahaan yang kurang berhasil menerapkan strategi SEO sehingga
alamat situsnya tidak berada pada posisi teratas dalam hasil pencarian organik
masih dapat memperoleh pengunjung dengan beriklan pada mesin pencari tersebut.
Pada Google, pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Google
AdWords. Google AdWord menerapkan mekanisme pay per click atau bayar per klik,
artinya untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, pemasang iklan akan
dikenakan biaya, yang besarnya berbeda-beda tergantung pada proses lelang
(bidding) katakunci yang dilakukan oleh pemasang iklan.
Sumber:
0 Response to "SEO (Search Engine Optimization)"
Posting Komentar