Life Style Remaja di Indonesia Masa Kini


Life style itu gambaran buat setiap orang yang memakainya dan menggambarkan tingkat nilai moral manusia itu dalam masyarakat di lingkungannya. Or, gaya hidup adalah suatu seni yang dibudayakan oleh setiap manusia. Life style juga berhubungan banget dengan perkembangan zaman dan teknologi. "Semakin bertambahnya zaman dan semakin canggihnya teknologi, maka semakin berkembang luas pula penerapan gaya hidup oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari". Dalam arti lain sih, life style bisa ngasih pengaruh positif atau negatif buat yang menjalankannya. Yah, tergantung pada bagaimana orang tersebut ngejalaninnya.
Zaman sekarang, life style sering disalahgunain sama sebagian besar remaja Indonesia. Apalagi remaja-remaja yang ada di kota Metropolitan. Mereka lebih bergaya hidup dengan mengikuti fashion masa kini. Of course, fashion yang mereka tiru adalah fashion dari orang barat. Kalo mereka bisa menyaring dengan baik dan tepat, so pengaruhnya juga bakal positif. Tapi sebaliknya, kalo gak pinter dalam menyaring fashion dari orang barat itu, exactly akan berpengaruh negatif buat diri mereka sendiri.
Salah satu contoh life style anak muda Indonesia yang ngikutin fashion orang barat dalam kehidupan sehari-hari adalah masalah " Berpakaian ". Problem berpakaian remaja-remaja zaman sekarang selalu dihubungin sama perkembangan zaman dan teknologi. Karena, sebagian remaja Indonesia khususnya, dalam berpakaian selalu mengkuti fashion yang berlaku. Bahkan yang lebih menyedihkan, di stasiun-stasiun tv banyak ditampilin contoh life style dalam berpakaian para remaja yang ngikutin fashion orang barat. Otomatis bukan cuma remaja Metropolitan doang yang ngikutin fashion itu, tapi juga orang-orang yang ada dalam perkampungan atau pedalaman. Sebagian besar remaja Indonesia belum bisa menyaring budaya tersebut dengan baik. So, pengaruh negatif deh yang timbul dari dalam diri remaja itu sendiri.
Kita tahu kalo fashion yang dipakai oleh orang barat kebanyakan nyimpang dari nilai moral. Sedangkan kita sadar bahwa Indonesia famous dengan kesopanannya dan budi luhurnya. Namun, sebagian remaja Indonesia kemudian meniru atau mengikuti fashion orang barat tanpa menyaringnya secara baik dan tepat. And may be itu bakal berakibat buruk buat generasi penerus kita nanti.
Contoh selanjutnya, life style sebagian remaja yang mengikuti budaya orang barat adalah mengkonsumsi minum - minuman keras, drugs, dan barang haram sejenisnya. Mereka beranggapan bahwa kalo gak ngonsumsi barang-barang itu, mereka bakal dinilai sebagai anak muda yang ketinggalan zaman atau gak gaul. Ini adalah pengertian yang salah banget. Di era modern ini, emang anak muda dituntut buat berhati - hati dalam segala hal. Baik dalam pergaulan, maupun penerapan kehidupan. Padahal kalo kita teliti, minum - minuman keras dan narkoba bisa merusak kesehatan dan mental orang yang mengkonsumsinya. Tapi mereka gak begitu paham dengan istilah itu. WHY? Lagi-lagi karena pengaruh perkembangan zaman dan teknologi lewat tangan orang barat. Minum - minuman keras dan drugs adalah salah satu contoh dari sekian banyak contoh life style orang barat yang berbahaya banget dan sangat berpengaruh buat maju mundurnya suatu bangsa. Dan yang lebih freak, budaya itu udah diikutin sama sebagian anak muda Indonesia.
Untuk itu, di zaman yang serba modern ini orang tua yang punya anak remaja harus memantau pergaulan, teman-teman, dan life style yang mereka terapin. Dan buat anak-anak muda harus berhati -hati dalam menerima budaya dari luar dan harus bisa menyaring plus mengoreksi budaya dari luar secara baik dan tepat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Life Style Remaja di Indonesia Masa Kini"

Posting Komentar