Manusia dan Kebudayaan

Berbicara tentang manusia dan kebudayaan di zaman yang serba canggih sekarang, rata-rata setiap manusia menganggap sepele tentang kebudayaan. Sebagian orang beranggapan bahwa kebudayaan itu hanya sebuah tradisi, sebagian orang juga beranggapan bahwa budaya hanya sebuah kegiatan rutin tiap tahun dan berbagai macam pendapat yang lainnya. Manusia di zaman sekarang itu sebenarnya kurang peka dan sulit meningkatkan kesadaran mereka bahwa kebudayaan itu mempunyai arti yang luas. Kebudayaan juga merupakan salah satu faktor untuk manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia.
Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang manusia dan kebudayaan, alangkah lebih baik jika kita mengetahui definisi budaya itu sendiri. Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Jadi, manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang sangat erat dan tidak dapat dipungkiri bahwa manusia itu hidup menggunakan budaya masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manusia dan Kebudayaan"

Posting Komentar