Pertentangan Sosial

Manusia diciptakan di bumi ini sebagai makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam sebuah masyarakat, selain bisa ditemui banyak persamaan-persamaan dalam berbagai hal, tetapi seringkali juga banyak didapati perbedaan-perbedaan dan bahkan sering kita temui pertentangan-pertentangan. Perbedaan kepentingan sebenarnya merupakan sifat naluriah disamping adanya persamaan kepentingan. Itulah sebabnya keadaan masyarakat dan Negara mengalami kegoyahan-kegoyahan yang terkadang keadaan tidak terkendali dan dari sana terjadinya perpecahan.
Oleh karena itu seringlah terjadi ketidakcocokan watak dan prinsip inilah yang sering menimbulkan pertentangan sosial. Baik antara individu dan antara ORMAS (Organisasi Masyarakat), bila pertentangan sosial semakin membesar makan akan terjadi konfilk sosial yang penyebabnya sama dengan pertentangan sosial.

Beberapa faktor penyebab terjadinya konflik sosial:

  1. Perbedaan bahasa dan adat istiadat.
  2. Perbedaan pola pikir.
  3. Perbedaan Latar belakang (status sosial)
 Dikehidupan manusia seperti sekarang tidak sedikit orang yang melakukan tindakan tanpa dipikirkan matang-matang dan tidak dilandasi dengan hukum keagamaan. Apa yang mereka inginkan tidak dipikirkan terlebih dahulu kondisi, situasi, lingkungan dan efek yang ditimbulkan. Maka dari itu, sebagai manusia yang berlatar belakang pendidikan, kita harus memiliki sifat positif, attitude yang baik, dan tidak hanya banyak bicara tetapi mebuktikannya dengan perbuatan. Terima kasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertentangan Sosial"

Posting Komentar